11 November 2009

Definisi dan Analisis Definisi Organisasi Kerjasama Internasional

Posted in Uncategorized tagged , , at 17:31 oleh petikdua

Definisi dan Analisis Definisi Organisasi dan Kerjasama Internasional

A. Definisi dan Analisis Definisi Organisasi Kerjasama Internasional
Definisi Organisasi Internasional menurut Pareira Mandalangi :
“Organisasi internasional memiliki arti ganda, yakni dalam arti luas dan sempit. Organisasi dalam arti luas maksudnya adalah organisasi yang melintasi batas negara (internasional) baik bersifat public maupun privat, sedangkan organisasi dlam arti sempit adalah organisasi internasional yang hanya bersifat public.”
Analisis definisi Organisasi Internasional menurut Pareira Mandalangi :
Definisi Organisasi internasional yang dikemukakan oleh Pareira Mandalangi , jika dipandang dari segi subjek siapa yang melakukan kerja sama yang dimaksud sudah sangat jelas. Pareira mengklasifikasikan organisasi internasional menjadi dua, yakni dalam arti luas dan sempit dengan masing-masing memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari subjek interaksinya.
Untuk memahami lebih lanjut definsi yang dikemukakan oleh Pareira ini, kita harus mengeksplore lebih jauh lagi apa yang dimaksud dengan public dan privat. Berhubung Pareira tidak menyertakan lebih lanjut maksud dari definisi Publik dan Privat nya itu apa, sehingga kita perlu mencari di berbagai literature lain. Negatifnya, bisa saja kita sebagai pengamat mendapatkan makna public dan privat yang berbeda-beda sehingga dalam memahami lebih dalam dari definisi Pareira ini akan berbeda-beda pula.
Menurut saya, maksud dari kata public di sini adalah masyarakat dengan individu sebagai setiap aktor yang berperan langsung. Sehingga jika dikatakan organisasi internasional yang bersifat public maksudnya adalah organisasi yang melintasi batas dunia dimana keanggotaannya adlah masyarakat internasional yang terdiri dari berbagai negara. Sedangkan, yang dimaksud dengan kata privat disini adalah khusus. Sehingga, jika dikatakan organisasi internasional yang bersifat privat maksudnya adalah organisasi yang melintasi batas negara dimana keanggotaannya khusus diwakili oleh komponen tertentu dari suatu negara, dalam hal ini biasanya pemerintah.
Masih ada hal yang kurang dari definisi ini, yaitu kenapa para subjek organisasi internasional melakukan sebuah kerja sama, untuk apa, dan berlandaskan apa. Ketika kita mengamati secara kasat mata saja, definisi ini memang terlihat mudah dipahami karena bahasanya yang mudah dan sangat bersifat umum, tetapi unsure yang dikandung dalam definisi ini masih kurang jelas, karena dia hanya menyinggung organisasi internasional itu hanya dari subjeknya saja.
Definisi Internasional menurut NA Maryan Green :
“International organization is an organization established by a treaty to which three or more states are parties.”
(Organisasi internasional adalah organisasi yang dibentuk berdasarkan perjanjian dengan tiga atau lebih negara-negara yang menjadi pesertanya)
Analisis definisi Organisasi Internasional menurut NA Maryan Green :
Definisi Organisasi Internasional menurut NA Maryan Green adalah definisi yang sangat singkat dan sederhana dengan hanya disajikan dalam satu kalimat saja. Satu hal yang pasti dalam memahami definisi ini tentu kita harus mahir berbahasa Inggris mengingat definisi ini disajikan dalam bahasa Inggris. Selain sederhana, singkatnya definisi ini juga ternyata mempermudah pihak-pihak yang membaca definisi ini untuk memahaminya lebih jauh.
Walaupun dengan penyajiannya yang amat sederhana, tapi definisi saya katakana hampir sempurna. Definisi ini menurut saya hampir sempurna karena menjelaskan aktor-aktor siapa saja yang berorganisasi dan mereka berlandaskan atas apa. Bukti dari dijelaskannya siapa saja aktor yang ada dalam sebuah organisasi internasional bisa dilihat dari kata “… which three or more states are parties …” Selain itu, bukti bahwa dijelaskannya aktor-aktor ini terikat dalam sebuah landasan bisa dilihat dari kata “ … established by a treaty …”
Ada sedikit kekurangan dari definisi ini, yakni tidak disebutkannya mengapa dan untuk apa aktor-aktor yang disebutkan itu saling bekerja sama dlam hal ini yang saya maksudkan adalah tujuan organisasi. Selain kekurangan itu, terdapat juga keunikan dalam definisi ini. Sampai sekarang, saya belum mendapatkan alasan apa yang mendasari Maryan dalam memberi batasan minimal bahwa suatu kerjasama itu baru bisa dikatakan organisasi internasional jika memiliki tiga atau lebih anggota. Jika dibatasi anggota minimal yang brkaitan hanya tiga, artinya kesepakatan-kesepakatan antar dua negara yang bersifat bilateral tidak bisa digolongkan dalam suatu organisasi internasional menurut NA Maryan Green.
Definisi Organisasi Internasional menurut T. Sugeng Istanto :
“Yang dimaksud dengan organisasi internasional dalam artian luas adalah bentuk kerja sama antar pihak yang bersifat internasional dan untuk tujuan yang bersifat internasional. Pihak-pihak yang bersifat internasional itu dapat berupa orang perorangan, badan-badan bukan negara dari berbagai negara, atau pemerintah negara. Adapun yang menyangkut tujuan internasional adalah tujuan bersama yang menyangkut kepentingan berbagai negara.”
Analisis definisi organisasi internasional menurut T. Sugeng Istanto :
Tidak seperti beberapa define sebelumnya, definisi Sugeng ini cukup jelas dan membantu sebagai unit analisis tentang organisasi internasional. Selain kalimat utama yang menjadi main idea dalam definisi organisasi internasional yang dia utarakan, Sugeng pun menyertakan beberapa kalimat penjelas sebagai alat bantu untuk memahami definisi yang dia ajukan.
Sugeng menjelaskan dengan sangat mengenai siapa saja tokoh-tokoh yang menjadi pelaku dalam organisasi internasional. Selain menjelaskan siapa saja tokoh yang berperan dalam sebuah organisasi internasional, Sugeng pun member penjelasan yang sangat jelas mengenai apa yang dia maksudkan sebagai tujuan internasional.
Satu hal yang menarik dalam definisi Sugeng mengenai tujuan internasional. Yang dia maksudkan sebagai tujuan internasional adalah tujuan bersama yang menyangkut kepentingan berbagai negara. Jika dianalisis lebih lanjut artinya terdapat sebuah tujuan yang sama-sama menjadi tujuan dari setiap negara. Secara tidak langsung, setiap negara yang menjadi organisasi internasional tersebut memiliki tujuan atau kepentingan nasional yang sama yang kemudian untuk mewujudkan tujuan nasionalnya masing-masing itu melalui organisasi internasional yang mereka ikuti. Jadi bukan setiap negara yang menjadi anggota dari sebuah organisasi internasional meleburkan kepentingan nasionalnya menjadi untuk mewujudkan sebuah kepentingan yang bersifat internasional. Mengingat tujuan utama dari setiap interaksi sebuah negara dalam dunia internasional adalah untuk mewujudkan dan memperjuangkan kepentingan nasionalnya.
Satu hal yang kurang dari definisi yang dikemukakan Sugeng yaitu Sugeng tidak menjelaskan apa yang melandasi aktor-aktor yang menjadi anggota dari sebuah organisasi internasional tersebut berkumpul, bekerja sama, dan mewujudkan tujuan internasional yang dimaksud.
Perlu diingat pula bahwa setiap organisasi internasional selalu berdasar menurut Konvensi Wina tahun 1969 pasal 2 ayat 1 yang dirumuskan sebagai berikut:
“an international agreement concluded between states in written form and governed by international law, whether embodied in a single instruments and whatever its particular designation”
Berdasarkan unsur di atas, maka persyaratan suatu organisasi internasional dapat diperinci sebagai berikut:
1. Dibuat oleh negara sebagai beberapa pihak (contracting state)
2. Berdasarkan perjanjian tertulis dalam satu, dua, atau lebih instrument
3. Untuk tujuan tertentu
4. Dilengkapi dengan organ
5. Berdasarkan hukum internasional

Simpulan
Dari beberapa definisi Organisasi internasional yang telah saya analisis sebelumnya, menurut saya, untuk memahami maksud dari organisasi internasional itu sendiri harus berangkat dari tiga variable utama. Pertama, siapa subjek yang menjadi pelaku dalam setiap interaksi organisasi internasional. Kedua, atas dasar apa dan apa yang melandasi aktor tadi untuk bekerja sama dalam sebuah organisasi internasional. Ketiga, untuk apa para aktor tadi melakukan setiap gerak organisasi internasional.
Jika terdapat definisi organisasi internasional yang mengandung ketiga unsure variable yang telah saya simpulkan tadi, maka definisi tersebut tergolong definisi yang lengkap menurut saya dan sangat membantu untuk tingkat analisis lanjutan nanti dlam menganalisis setiap organisasi internasional.
Dari ketiga definisi yang coba saya analisis sebelumnya, belum ada satu definisi pun yang memenuhi ketiga unsur tadi. Sehingga menurut saya belum ada satu definisi pun yang dapat mewakili apa sebenarnya definisi organisasi internasional secara ideal.
Pada kesempatan akhir ini, saya akan coba mendefinisikan organisasi internasional berbekal ketiga definisi tadi dan analisis yang telah saya lakukan sebelumnya. Organisasi internasional adalah sebuah organisasi yang melintasi baik gerak maupun pelakunya melintasi batas negara, berangkat dari kesepakatan masing-masing anggota untuk bekerja sama, memiliki regulasi yang mengikat anggotanya, dan untuk mewujudkan sebuah tujuan internasional tanpa meleburkan tujuan nasional dari masing-masing anggota dari organisasi internasional yang bersangkutan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

huruf kecil

saya menulis sebab sering diserang perasaan ingin berada di sini, di sana, dan di mana-mana sekaligus.

ishaksalim

Just another WordPress.com site

jembatan merah

sejarah-budaya-pembangunan

kata.cerita.kita

karena tulisan itu selalu bersuara dengan tintanya, meski kita sudah tiada

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: